POLTEKAD KODIKLATAD
JURUSANTELEKOMUNIKASI


PRAKTIK BAHASA PEMOGRAMAN
PERCOBAAN 1
PRAKTIK OBJECT DELPHI DAN DATA DIRI

2.         Tujuan Instruksional umum.       Agar bamasis mampu mempraktekan percobaan 1.
3.         Alat dan bahan
                 a. PC/ Laptop
                 b. Delphi/ Embarcardero XE5
4.         Teori Dasar.             Delphi XE5 merupakan versi pertama Delphi yang mampu mengembangkan aplikasi untuk platform Android, selain juga handal untuk mengembangkan aplikasi iOS (iPhone, iPod dan iPad), aplikasi untuk Macintosh (OSX 10.7 Lion dan versi lebih baru), serta aplikasi untuk platform Windows sendiri, termasuk Windows 8 family. Delphi  adalah  suatu  bahasa  pemograman  (development  language)  yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program. Delphi  termasuk  dalam  pemrograman  bahasa  tingkat  tinggi  (high  level lenguage). Maksud dari bahasa tingkat tinggi yaitu perintah-perintah programnya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia. Bahasa pemrograman Delphi  disebut  bahasa  prosedural  artinya  mengikuti  urutan  tertentu.    Dalam membuat     aplikasi     perintah-perintah,     Delphi     menggunakan     lingkungan pemrograman visual. Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal. Pemrograman Delphi dirancang  untuk  beroperasi  dibawah  sistem  operasi  Windows.   Program  ini mempunyai  beberapa  keunggulan,  yaitu  produktivitas,  kualitas,  pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompiler, pola desain yang  menarik serta diperkuat dengan bahasa perograman  yang terstruktur  dalam  struktur bahasa perograman Object Pasca.Sebagaian besar pengembang Delphi menuliskan dan mengkompilasi  kode program di dalam lingkungan pengembang aplikasi atau Integrated Development Environment   (IDE).   Lingkungan   kerja   IDE   ini   menyediakan  sarana   yang diperlukan   untuk  merancang,  membangun,   mencoba,  mencari  atau  melacak. kesalahan,    serta    mendistribusikan     aplikasi.    Sarana-sarana    inilah  yang memungkinkan  pembuatan  prototipe  aplikasi  menjadi  lebih  mudah  dan  waktu yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi menjadi lebih singkat.
a.    Form adalah sebuah objek kontrol penampung dari objek kontrol lain, dapat menerima tugas dan memberikan reaksi terhadap tindakan dari pengguna untuk kelangsungan sebuah program aplikasi, form juga bisa di sebut bahan untuk pembuatan window. Kita meletakan kontrol pada form. Kontrol ini misalnya tombol,check boxradio buttonlabel,panel dan sebagainya.

b.    Label murupakan salah satu tool pada RAD Delphi XE5. Fungsi label sendiri sering digunakan untuk memberi informasi kepada user (petunjuk) mengenai apa yang harus di isi dalam sebuah text box.

c.    Common Button adalah sebuah tool box yang akan aktif ketika di klik, jelasnya ketika kita mengklik Commond Button maka suatu hal akan terjadi tergantung dengan script yang di tuliskan , untuk penggunaannya sendiri sangatlah banyak , salah satunya bias kita gunakan untuk Form Login, Input Data, dan membuka Folder.


5.         Langkah – Langkah Percobaan
            a. Aktifkan PC / Laptop
            b. Bukalah aplikasi IDE Rad studio delphi XE5 anda



c. Jika sudah klik menu File > New > VCL Forms Application – Delphi seperti gambar dibawah ini. 
Gambar 1. New Forms Application
d. Setelah itu akan tampil form seperti berikut ini. Jangan lakukan perubahan apapun.



Gambar 2. Tampilan Form.



e. Jalankan program tersebut dengan cara klik menu Run > Run. Dan mari kita lihat hasilnya.



Gambar 3. Cara Menjalankan Program RUN.
Gambar 4. Hasil dari RUN form.
f. untuk menampilkan label nama pilih standart pada tool palette pada main menu standart terdapat Tlabel   seperti dibawah ini .



Gambar 5. Tlabel untuk label nama

g. Lakukan  langkah pada label pangkat/NRP, Tempat /Tgl lahir , Asal satuan dan jabatan untuk  membuat label seperti label Nama.



h. Buatlah 2 button untuk mengklik pada Data yang sudah dibuat dengan script yang sesuai dengan keterangan DATAKU dan TUTUP.
Gambar 6. Tbutton untuk button DATAKU dan TUTUP.



i.Tambahkan Image box dengan cara klik pada Additional pilih Timage
                                          Gambar  7. Timage.
j. lalu klik dua kali pada Button DATAKU  untuk memasukan coding agar data yang kita inginkan dapat berjalan . Dengan coding :
unit Unit1;
interface
uses
Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,
Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.StdCtrls, Vcl.Imaging.jpeg,
Vcl.ExtCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
Label5: TLabel;
Button1: TButton;
Button2: TButton;
 Image1: TImage;
            procedure Button1Click(Sender: TObject);
            procedure Button2Click(Sender: TObject);
            private
            { Private declarations }
            public
            { Public declarations }
            end;
var
            Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
            label1.Visible:=true;
label2.Visible:=true;
label3.Visible:=true;
label4.Visible:=true;
label5.Visible:=true;
            image1.Visible:=true;
end;
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
            label1.Visible:=false;
label2.Visible:=false;
label3.Visible:=false;
label4.Visible:=false;
label5.Visible:=false;
            image1.Visible:=false;
end;
end.
k. lalu klik RUN untuk menampilkan hasil coding diatas .


6. HASIL PERCOBAAN
Gambar 8. Hasil RUN sebelum Dataku diklik.
Pada hasil percobaan ini jika pada saat mengklik pada button DATAKU maka akan muncul hasil Biodata seperti yang dibuat pada saat menjalankan program tersebut .


Gambar 9. Hasil dari Data Diri .
Tersebut adalah hasil dari pembuatan data diri di program Embarcadero XE5 yang sudah direncanakan.

Gambar 10. Hasil dari button TUTUP.
Demikian hasil dari praktik object Delphi dan data diri dengan menggunakan software Embarcaderi/Delphi XE5 yang sudah selesai di kerjakan
7. ANALISA.             Pada Percobaan 1, Software Embarcadero/Delphi XE5 dapat berjalan apabila pengisian data pada From, Propertis dan Coddingnya sama. Apabila antara Propertis dan Coddingnya berbeda maka Percobaan 1 Embarcadero/Delphi XE5 tidak dapat terbaca/eror pada Program tersebut.

8. KESIMPULAN DAN SARAN .             
KESIMPULAN
Selama Percobaan 1, Software Embarcadero/Delphi XE5 dapat berjalan atau terbaca sesuai dengan pengisian data pada From, Propertis dan Codding sehingga tidak ada kendala maupun kesalahan/eror pada data tersebut.
SARAN
Praktik Percobaan 1, Software Embarcadero/Delphi XE5 sanggat menarik dan mudah dipelajari dibandingkan dengan software lain dan untuk menambah keahlian kita untuk mengoprasikan aplikasi ini diharapkan untuk para bamasis untuk mencoba dan melatih dalam praktik praktik yang akan datang.